Yanaprima Hastapersada (YPAS) Insentif plastik daur ulang digodok

28 Sep 2021

KATEGORI

Economy

BAGIKAN

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen kemasan plastik, PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) mengatakan jika pihaknya belum berencana untuk memproduksi kemasan dari plastik daur ulang di masa depan.

Marketing Manager YPAS Bernard Tjandradjaja mengungkapkan alasan bahwa kemasan yang diolah dari bahan plastik daur ulang, belum memenuhi standar food grade atau kemasan yang seluruh material serta alat manufaktur yang bersentuhan langsung dengan kemasan terbukti aman dikonsumsi.



"Kami masih belum berencana memproduksi kemasan daur ulang, karena di industri kemasan untuk makanan ini belum menemui standar food grade," jelasnya kepada Kontan, Selasa (28/9).

Sebagai informasi, YPAS tahun ini menyatakan fokus untuk memproduksi kemasan plastik untuk bahan makanan, di antaranya adalah kemasan untuk beras, tepung, gula dan bahan makanan lainnya.

Bernard melanjutkan, hal ini juga berdasarkan permintaan klien sendiri. Pihak end-user menginginkan kemasan plastik sesuai standar food grade dari perseroan. "Jadi pihak end user juga menyampaikan untuk menyediakan kemasan berstandar food grade, tidak daur ulang atau recycle. Sehingga itu pula yang membuat kami belum terjun ke dalam industri tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (Adupi) Christine Halim meminta pemerintah segera menerbitkan aturan tentang pemberian insentif berupa pengurangan PPN yang sudah cukup lama bergulir.

Menurutnya, hal itu perlu segera direalisasikan untuk menopang perkembangan industri daur ulang yang diproyeksikan kapasitas meningkat hingga tiga kali lipat dari saat ini.

Christine menyatakan PPN 10% sangat memberatkan industri daur ulang, selain itu juga menurunkan daya saing dibandingkan bahan baku dari impor. "Jangan lama-lama digodok (aturan PPN industri daur ulang) karena kami sudah enam tahun mengajukan bebas PPN," ujarnya.

Sumber: https://industri.kontan.co.id/news/insentif-plastik-daur-ulang-digodok-ini-kata-yanaprima-hastapersada-ypas


MENGAPA MEMILIH KAMI

Andal

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, PT. Yanaprima Hastapersada Tbk telah memperoleh basis pelanggan bisnis yang solid. Kami selalu melihat dampak pengemasan pada seluruh bisnis Anda. Tidak hanya tas yang kami lindungi dan simpan barang Anda, tetapi juga mencerminkan citra Perusahaan Anda dan tentu saja memengaruhi biaya Anda. Menggabungkan faktor-faktor tersebut dengan pengalaman panjang di lapangan.


Berpengalaman dan Profesional

Kami telah berkecimpung dalam industri pengemasan selama bertahun-tahun dan pengetahuan serta pengalaman selama bertahun-tahun telah membantu kami dalam merencanakan dan melaksanakan proyek pengemasan baru. Tim kami memiliki profesional ahli yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di lapangan. Ini membantu kami memahami kebutuhan pelanggan dengan mudah sehingga kami dapat memberikan mereka kemasan yang sesuai untuk produk mereka.


Kepercayaan, Hubungan dan Nilai

Selama bertahun-tahun, kami telah berusaha keras untuk menjaga hubungan terbaik dengan pelanggan kami. Mereka sangat berharga bagi kami. Kami merasa bangga untuk mengatakan bahwa klien yang datang kepada kami pada awalnya masih bersama kami hingga hari ini. Kami merasa terhormat dan rendah hati serta berterima kasih kepada mereka masing-masing atas kepercayaan yang telah mereka berikan kepada kami. Kami ingin meyakinkan Anda tentang dukungan kami dalam pertumbuhan dan kesuksesan bisnis Anda.