Yanaprima Hastapersada (YPAS) fokus pada sektor kemasan bahan makanan

28 Sep 2021

KATEGORI

Economy

BAGIKAN

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen kemasan plastik, PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) menyatakan tahun ini masih terus akan fokus pada penetrasi pangsa pasar di sektor kemasan untuk beras, tepung, gula dan bahan makanan lainnya.

Marketing Manager YPAS Bernard Tjandradjaja beralasan jika sektor tersebut dinilai stabil walau berada di tengah pandemi Covid-19.



"Untuk pangsa pasar kami masih menargetkan ke sektor potensial, yakni kemasan untuk tepung, beras, gula dan bahan makanan. Kami melihatnya juga karena kebutuhan pokok masih terus berjalan di tengah pandemi," ujarnya dalam paparan publik insidentil yang berlangsung virtual, Selasa (28/9).

Ia melanjutkan, pihaknya juga menargetkan capaian produksi setidaknya sampai 75% dari utilitas mesin Perseroan.

YPAS juga masih terus menguatkan penetrasi pasar di kawasan ASEAN. Bernard mengungkapkan pihaknya juga belum menargetkan memasuki kawasan Amerika Serikat dan Eropa sebab dibayangi oleh pembiayaan distribusi melalui freight. Selain itu, YPAS juga menilai pasar di kawasan tersebut tidak kompetitif.

"Kondisi ini juga karena ketidakpastian akibat pandemi, maka kami masuki pasar yang potensial, yakni pasar Indonesia atau domestik dan juga ASEAN," sambungnya.

Tahun ini, YPAS menargetkan bisa meraih pendapatan Rp315 miliar atau tumbuh 4 -5% dari tahun 2020, dari penjualan produk kemasan plastik dan kantong semen. Keduanya juga merupakan produk andalan YPAS.

Perseroan juga menargetkan bisa mengantongi laba bersih senilai Rp5 miliar di akhir tahun 2021. Angka ini lebih rendah bila dibandingkan dengan realisasi laba bersih tahun 2020 yang mencapai Rp 8,33 miliar, namun lebih tinggi dibanding target laba bersih YPAS untuk tahun 2020 yang berkisar Rp 3 miliar - Rp 3,5 miliar.

Adapun hingga Juli 2021, YPAS mencatat telah menyerap realisasi capex sebesar 40% dari total alokasi Rp7 miliar tahun ini. Direktur Utama YPAS, Irwan Susanto mengatakan alokasi capex mayoritas digunakan untuk mengganti mesin-mesin yang sudah tua.

"Tantangan terbesar yang dihadapi YPAS saat ini memang ketidakstabilan dan ketidakpastian akibat pandemi, serta kebijakan PPKM dan sebagainya. Namun kami optimistis bisa mencapai apa yang ditargetkan minimal seperti itu,"ujarnya.

Sepanjang semester I 2021 lalu, YPAS sudah mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 166,70 miliar, tumbuh 22,20% dibanding realisasi semester I 2020 yang sebesar Rp 136,41 miliar.

Namun demikian, YPAS membukukan rugi bersih Rp 811,40 juta di semester I 2021, berbalik dari posisi semester I 2020 saat YPAS membukukan laba bersih Rp 306,03 juta. Menurut penjelasan manajemen, rugi bersih ini disebabkan oleh harga bahan baku kemasan di semester I 2021, yaitu polypropylene, yang meningkat hingga 49% dibanding semester I 2020.

Sumber: https://industri.kontan.co.id/news/yanaprima-hastapersada-ypas-fokus-pada-sektor-kemasan-bahan-makanan


MENGAPA MEMILIH KAMI

Andal

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, PT. Yanaprima Hastapersada Tbk telah memperoleh basis pelanggan bisnis yang solid. Kami selalu melihat dampak pengemasan pada seluruh bisnis Anda. Tidak hanya tas yang kami lindungi dan simpan barang Anda, tetapi juga mencerminkan citra Perusahaan Anda dan tentu saja memengaruhi biaya Anda. Menggabungkan faktor-faktor tersebut dengan pengalaman panjang di lapangan.


Berpengalaman dan Profesional

Kami telah berkecimpung dalam industri pengemasan selama bertahun-tahun dan pengetahuan serta pengalaman selama bertahun-tahun telah membantu kami dalam merencanakan dan melaksanakan proyek pengemasan baru. Tim kami memiliki profesional ahli yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di lapangan. Ini membantu kami memahami kebutuhan pelanggan dengan mudah sehingga kami dapat memberikan mereka kemasan yang sesuai untuk produk mereka.


Kepercayaan, Hubungan dan Nilai

Selama bertahun-tahun, kami telah berusaha keras untuk menjaga hubungan terbaik dengan pelanggan kami. Mereka sangat berharga bagi kami. Kami merasa bangga untuk mengatakan bahwa klien yang datang kepada kami pada awalnya masih bersama kami hingga hari ini. Kami merasa terhormat dan rendah hati serta berterima kasih kepada mereka masing-masing atas kepercayaan yang telah mereka berikan kepada kami. Kami ingin meyakinkan Anda tentang dukungan kami dalam pertumbuhan dan kesuksesan bisnis Anda.